Laporan hasil pengukuran ternak sapi untuk menentukan berat badan

Bakalan yang akan digemukkan atau yang baru dibeli di pasar hewan, perlu dimasukkan ke dalam kandang karantina yang letaknya terpisah dari kandang penggemukan.

PENDUGAAN BOBOT BADAN TERNAK DENGAN BERBAGAI MACAM RUMUS

Pencegahan penularan penyakit di Loka Penelitian Sapi Potong yaitu dengan cara ternak sapi yang baru datang ditempatkan di kandang karantina terlebih dahulu sebelum disatukan dengan ternak lainnya, hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa sapi tersebut tidak sakit, pemeriksaan dilakukan oleh pihak Loka Penelitian Sapi Potong.

Gumba pada sapi Bali nampak jelas dan berbentuk khas Hardjosubroto, Contoh pengamatan pengukuran terhadap sapi Bali yaitu panjang badan, lebar dada, lingkar dada, panjang kepala, tinggi punggung, lebar kepala, panjang tanduk, dan lebar pinggul. Kulit berwarna putih juga ditemukan pada bagian pantatnya dan pada paha bagian dalam kulit berwarna putih tersebut berbentuk oval white mirror.

Laporan Praktikum Ilmu Tilik Ternak (Sapi Bali)

Hal tersebut menunjukkan bahwa peternakan ini sudah berada pada lokasi yang tepat karena memiliki iklim yang sejuk. Misalnya, habis makan, banyak minum, atau gelisah,dan ternak yang sehat itu bisa dilihat dari kejernihan mata, kelincahan gerak, kecerahan warna kulit, dan adanya cacat, INTISARI Mei Diposting oleh.

Oleh karena itu pemenang dari kedua sapi tersebut adalah sapi nomor 1, karena jumlah nilai skornya pada sapi 1 lebih besar dari pada jumlah nilai skor sapi 2.

Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut perlu dicari cara lain yang lebih murah dan praktis yaitu dengan pendugaan bobot badan ternak melalui pendekatan terhadap hubungan antara satu atau lebih ukuran bagian tubuh ternak dengan bobot badannya dan pendugaan bobot karkas berdasarkan bobot hidup ternak.

Karena kolostrum berfungsi sebagai antibodi untuk daya tahan tubuh pedet terhadap serangan penyakit. Hartadi, H. Model kandang individu untuk ternak pejantan, ternak untuk kegiatan penelitian dan untuk induk dan pedet yang baru lahir.

Kemurnian ternak terkait dengan potensi genetik. Pakan tambahan: Akan tetapi yang paling sering digunakan yaitu lingkar dada, panjang badan dan tinggi pundak. Terjadinya penyimpangan karakteristik ini dapat diduga karena beberapa kemungkinan, di antaranya terjadinya mutasi, dan masuknya gan baru dari bangsa sapi lain akibat persilangan.

Pada usaha sapi penggemukan fatteningpemberian pakan adalah: Sapi yang di kembangkan di kandang Laboratorium Ternaak Potong, Kerja, dan Kesayangan semuanya adalah betina karena tujuan pmeliharaan sapi disini adalah untuk keperluan pembelajaran serta pembibitan.

Upaya-upaya peningkatan produktivitas telah banyak dilakukan antara lain dengan perbaikan mutu pakan Nitis, I. Jarak tersebut merupakan jarak miminal yang tergolong baik untuk meminimalisir pencemaran udara akibat bau yang ditimbulkan dari pemeliharaan ternak.

Mahasiswa mampu menafsirkan judging ternak. Kandang individu untuk ternak pejantan bertujuan agar dalam perawatan dan pengontrolan lebih efektif karena ternak pejantan yang ada di Loka Penelitian Sapi Potong digunakan sebagai pejantan pemacek karena system perkawinan yang digunakan adalag system perkawinan alami, selain itu ternak pejantan yang ada bertujuan dalam pengambilan atau penampungan sperma untuk pembuatan semen cair.

Tinggi kemudi: Deni, AQ. Sapi asli Indonesia ini sudah lama didomestikasi suku bangsa Bali di pulau Bali dan sekarang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Hardjopranjoto, S.

LAPORAN PRAKTIKUM SELEKSI TERNAK SAPI POTONG

Selanjutnya, penilaian dapat dilakukan dengan pengamatan tulang-tulang rusuk ribs untuk memilih ternak yang gemuk.Dan atas dasar pengamatan yang diperoleh bahwa pengukuran sapi Balitidak berpengaruh pada seberapa kualitas produksi hewan ternak.

Jadi untuk memilih ternak yang baik harus berdasakan ciri-ciri. Baru kemudian diikuti sifat kuantitatifnya. Pertumbuhan tubuh ternak secara keseluruhan umumnya diukur dengan bertambahnya berat badan, sedangkan.

Bisa mempraktikkan cara pemeliharaan ternak potong secara langsung, seperti pemberian pakan, penanganan kesehatan, pengukuran badan hingga menentukan bobot badan sapi potong.

4.

contoh Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Untuk mengetahui rata-rata lama penggemukan dikandang kumpul harapan bersama. Puji syukur atas kehadirat alla SWT, karena dengan rahmat dan hidayahnya sehingga penulisan laporan ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Pada dasarnya laporan ini berisi tentang Menentukan Umur Ternak Sapi Potong, menghitung dan mengukur status faali ternak sapi potong, dan Mengamati Kondisi Eksterior Ternak Sapi Potong.

Parameter pengukuran pertumbuhan ayam ini berdasar pada bobot badan, panjang sayap, panjang paru dan panjang tibia-tarsus hal ini untuk mempermudah dalam pengamatan proses pertumbuhan, karena bagian-bagian tersebut yang paling mudah untuk diamati dan diukur dengan peralatan yang sederhana dan dengan hasil yang cukup teliti.

S uhu udara yang nyaman untuk ternak sapi perah adalah o C (Williamson dan Payne, Hasil pengukuran menunjukkan bahwa rata-rata suhu tubuh ternak adalah 38,48°C Faktor yang mempengaruhi konsumsi air bagi seekor sapi adalah umur, berat badan, produksi susu, panas, kelembaban udara serta jenis ransum atau elbfrollein.com: Umi Chabibah.

Penafsiran berat badan sangat penting dilakukan oleh para pemilik ternak untuk mengetahui bobot tubuh ternak. Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan.

Laporan hasil pengukuran ternak sapi untuk menentukan berat badan
Rated 4/5 based on 21 review